Pemerintah Gunakan Sisa Anggaran Tanpa Audit BPK

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan menggunakan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun 2009 tanpa menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan. Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan Anggito Abimanyu, penggunaan dana bisa dilakukan bila sudah mendapat persetujuan DPR.

Anggito Abimanyu menjelaskan di Jakarta, Jumat (8/1), realisasi APBN Perubahan 2009 mengalami surplus sebesar Rp 38 triliun. Hal ini menekan defisit anggaran menjadi Rp 87,2 triliun atau 1,6 persen dari produk domestik brutto. Realisasi ini lebih rendah dari target awal defisit sebesar 2,4 persen.

Saat ini pihaknya tengah menghitung komposisi penggunaan Silpa untuk diajukan ke dewan. Di antaranya akan digunakan untuk memenuhi tambahan belanja negara tahun 2010 sebesar Rp 20 triliun. Sisanya Rp 18 triliun untuk dana siaga.

Menurut Anggito, penggunaan silpa pastinya akan mengubah postur APBN dan akan segera dimasukkan dalam APBN Perubahan yang dipercepat dari bulan Juni, sehingga tidak menutup kemungkinan bila APBN perubahan tahun ini berlangsung dua kali. Silpa tahun 2009 ini ada karena faktor penghematan tender, sehingga dalam penggunaannya tidak perlu menunggu audit Badan Pemeriksa Keuangan. (DOR)

~ oleh ichwan15788 pada Januari 8, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: