Kenaikan Gaji PNS Tinggal Menunggu PP

Metrotvnews.com, Jakarta: Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) naik sebesar 5 persen terhitung mulai Januari 2010. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Anggaran Departemen Keuangan Anny Ratnawati di Jakarta, baru-baru ini. Anny mengatakan, kenaikan sudah tercantum dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Realisasi kenaikan gaji PNS ini tinggal menunggu peraturan pemerintah yang turun melalui Ditjen Perbendaharaan.

Anny mengatakan, kebijakan kenaikan gaji PNS ini diambil untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperbaiki kinerja birokrasi. Kenaikan ini pun sesuai komitmen Pemerintah yang tertuang dalam Nota Keuangan Pemerintah 2010. Kenaikan diberlakukan terhadap gaji PNS dan pensiunan.

Rencananya dalam Nota Keuangan, memang para aparat birokrasi itu akan dinaikkan gajinya sebesar lima persen. Hal tersebut telah disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat pidato penyampaian atau pengantar pemerintah atas RUU APBN 2010 di hadapan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 3 Agustus 2009.

Selain kenaikan gaji pokok, pemerintah juga akan tetap memberikan gaji bulan ke-13 bagi PNS dan pensiunan. Pemerintah juga akan menaikkan uang makan bagi TNI/Polri dan PNS.

Untuk TNI/Polri uang makan naik dari Rp 35 ribu per hari menjadi Rp 40 ribu per hari. Sedangkan untuk PNS, uang makan dari Rp 15 ribu menjadi Rp20 ribu. Presiden SBY pun menyatakan, selama lima tahun terakhir, gaji PNS dan TNI/ Polri telah naik dari Rp674 ribu menjadi Rp 1,721 juta.(DSY)

~ oleh ichwan15788 pada Januari 8, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: