naskah video

NASKAH VIDEO

SENAM DSAR DAN SENAM LANTAI

SISWA KELAS 6 SD

Materi : Senam

Pokok Bahasan : Senam Dasar dan Senam Lantai

Sub Pokok Bahasan : Senam Dasar dan Senam Lantai dengan kedua tangan dan                                          kaki

Topik : Senam Dasar dan Senam Lantai pada keseimbangan                                                   berdiri, keseimbangan duduk, rool kip, guling kedepan,                                                            dan guling kebelakang.

Sasaran : Siswa ( khususnya siswa kelas 6 SD )

Standar kompetensi : setelah menyaksikan program tayangan ini siswa                                                        diharapkan mampu:

  • Mengetahui manfaat latihan senam dalam pendidikan jasmani
  • Siswa dapat melakukan keseimbangan dengan berdiri salah satu kaki, kaki yang lain lurus kebelakang, kedua lengan lurus kedepan.
  • Siswa dapat melakukan keseimbangan duduk, dengan duduk telunjur, tangan dipinggang. Kemudian mengangkat kedua tungkai ke depan atas sehingga badan membentuk huruf V.
  • Siswa dapat melakukan roll kip dengan sikap jongkok, gerakan guling kedepan, dilanjutkan kaki dilentingkan dan mendarat pada dua kaki bersama.

Pokok Materi : Senam

Durasi : 45 menit

Pengkaji Isi : Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd

Pengkaji Media : Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd

Teknik Penyajian : Media audio dan visualisasi gerak yang dilakukan oleh                                                            model dilengkapi dengan penjelasan dan contoh.

Sinopsis

Program video pembelajaran ini menyajikan bahasan tentang senam, yaitu senam dasar dan senam lantai. Senam ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Senam dapat dibagi dua yaitu senam prestasi dan senam nonprestasi. Senam prestasi memiliki serangkaian gerak artistic dan ritmik. Senam nonprestasi atau senam umum bertujuan untuk membentuk kesehatan dan kesegaran jasmani. Di dalam VCD ini juga dipaparkan pedoman latihan keseimbangan, latihan roll kip, guling kedepan dan latihan guling kebelakang.

Treatment

Program ini diawali dengan penayangan logo Universitas Negeri Malang, diiringi dengan musik. Selanjutnya caption “Jurusan Ilmu Keolahragaan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi”. Kemudian diperjelas dengan nama pembuatnya “ Bersama Arditya Zulfikar, Vidi Asmara, Reny Kurniawati, Budi Rahman, Debrian”. Kemudian muncul beberapa caption lainnya “mempersembahkan” lalu “Senam Dasar dan Senam Lantai” yang diikuti tampilan berbagai gambarsenam dasar dan senam lantai. Selanjutnya penyaji memberikan hasil narasi pembukaan yang diiringi gambar siswa yang melakukan senam.

Berikutnya penjelasan tentang tujuan umum dan khusus.

Tujuan Umum:

  1. Siswa dapat melakukan senam dasar
  2. Siswa dapat melakukan senam lantai

Tujuan Khusus:

  1. Siswa dapat melakukan keseimbangan dengan berdiri salah satu kaki, kaki yang lain lurus ke belakang, kedua lengan ke depan.
  2. Siswa dapat melakukan keseimbangan duduk, dengan duduk telunjur, tangan di pinggang. Kemudian mengangkat kedua tingkai ke depan atas sehingga badan membentuk huruf V.
  3. Siswa dapat melakukan roll kip dengan sikap jongkok, gerakan guling kedepan, dilanjutkan kaki dilentingkan dan mendarat pada dua kaki bersama.

Olahraga senam masuk ke Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tahun 1912. pada waktu itu senam diajarkan terutama pada  sekolah anak-anak Belanda yang ada di Indonesia. Senam yang dilakukan dan dikembangkan secara teratur, akan berguna untuk mengembangkan kepribadian yang harmonis. Induk organisasi senam tingkat nasional adalah PERSANI ( Persatuan Senam Indonesia )

Selanjutnya dipaparkan manfaat melakukan latihan senam dalam pendidikan jasmani. Kemudian ditayangkan gambar senam. Seterusnya naratot bilang dalam pelajaran ini kita akan membahas tentang keseimbangan berdiri dan keseimbangan duduk. Untuk keseimbangan berdiri latihan yang pertama dengan satu kaki, kaki yang satu lagi diangkat kedepan hingga lurus, kedua tangan direntangakan kesamping. Latihan yang kedua dengan merentangkan kedua tangan lurus kesamping, bungkukkan badan kedepan dan angkat satu kaki lurus kedepan. Latihan yang ketiga yaitu berdiri tegak kedua kaki sejajar kedua tangan lurus kedepan angkat satu kaki kedepan lurus, lipat kaki tumpu hingga jongkok. Selanjutnya ditampilkan latihan keseimbangan duduk yaitu latihan duduk membentuk huruf V, dan latihan duduk sambil mengangkat kedua kaki.

Kemudian ditayangkan tentang senam lantai.

Senam lantai adalah satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai maka gerakan-gerakan atau bentuk latihannya dilakukan dilantai. Selanjutnya dipaparkan roll kip yaitu gerakan melenting badan keatas depan  disebabkan oleh lemoaran kedua kaki dan tolakan kedua tangan yang dilakukan secara serentak sehingga pesenam dapat langsung berdiri. Dan akan ditayangkan tentang latihan rol kip mulai dari sikap permulaan beserta gerakannya. Selanjutnya latihan guling kedepan dan latihan guling kebelakang.

Tayangan yang terakhir adalah penutup yang dilakukan oleh narrator. Setelah itu ditayangkan kerabat kerja yang terdiri dari penulis naskah, sutradara, kameramen, editor, pemeran dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terbuatnya VCD tersebut.

NO VISUAL AUDIO
CAPTION GAMBAR
1 CAPTION

LOGO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

MUSIK

IN-UP-DOWN-UNDER

2 CAPTION

JURUSAN ILMU KEOLAHRAGAAN PRODI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI FAKULTAS PENDIDIKAN

MUSIK

IN-UP-DOWN-OUT

3 CAPTION

BERSAMA ARDITYA ZULFIKAR, VIDI ASMARA, RENY KURNIAWATI, BUDI RAHMAN, DEBRIAN

MUSIK

IN-UP-DOWN-OUT

4 CAPTION

MEMPERSEMBAHKAN

MUSIK

IN-UP-DOWN-UNDER

5 CAPTION

SENAM DASAR DAN SENAM LANTAI SISWA KELAS 6 SD

Bermacam-macam gambar senam dasar s dan senam lantai muncul MUSIK

IN-UP-DOWN-OUT

6

7

SHOT

EXT : GEDUNG SAKRI

Setelah mengikuti program ini adik-adik diharapkan mampu melakukan :

  1. dapat melakukan keseimbangan dengan berdiri salah satu kaki, kaki yang lain lurus kebelakang kedua lengan lurus kedepan.
  2. Dapat melakukan keseimbangan duduk, dengan duduk telunjur tangan di pinggang. Kemudian mengangkat kedua tungkai kedepan atas sehingga badan membentuk huruf ‘V’
  3. Dapat melakukan roolkip dengan sikap jongkok, gerakan guling kedepan dilanjutkan kaki di lentingkan dan mendarat dengan dua kaki bersama.
  4. Dapat melakukan guling kedepan dengan bagian belakang badan ditekuk seperti punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang.
  5. Dapat melakukan guling kebelakang dengan bagian belakang badan ditekuk dan menjatuhkan badan kebelakang.

FADE IN-CU

Narator berdiri didepan siswa yang melakukan olahraga

Gambar siswa yang melakukan senam

MUSIK

Selamat berjumpa kembali dalam acara program pembelajaran tehnik dasar senam lantai. SELAMAT MENGIKUTI……….

MUSIK

Pemirsa,senam yang dilakukan dan dikembangkan secara teratur, akan berguna untuk mengembangkan kepribadian yang harmonis. Dalam pembelajaran senam kali ini diharapkan siswa dapat melakukan keseimbangan dengan berdiri salah satu kaki, kaki yang lain lurus kebelakang, kedua tangan lurus kedepan. Yang kedua siswa dapat melakukan keseimbangan duduk, dengan duduk telunjur, tangan dipinggang. Kemudian mengangkat kedua tungkai kedepan atas sehingga badan membentuk huruf V. dan yang terakhir siswa diharapkan dapat melakukan rool kip dengan sikap jongkok, gerakan guling kedepan, dilanjutkan kaki dilentingkan dan mendarat pada kedua kaki bersama.

8 FADE IN – LS Gambar Orang berolahraga senam Pemirsa, dewasa ini masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya melakukan senam. Termasuk untuk pembelajaran anak – anak SD. Dengan melakukan senam yang teratur, berguna untuk mengembangkan kepribadian yang harmonis.
9 Untuk pengembangan pembelajaran, terdapat dua jenis senam yaitu:

  1. senam dasar
    1. keseimbangan berdiri
    2. keseimbangan duduk

2.   senam lantai

  1. rool kip
  2. guling kedepan
  3. guling kebelakang
10 FADE IN – LS

CAPTION

SENAM DASAR

  1. Pelenturan, penguatan, peregangan dan pelemasan otot-oto
  2. keseimbangan dan ketangkasan
  3. Pertumbuhan yang selaras.
  4. pengoreksian sikap dan bentuk tubuh yang salah
  5. Kesehatan dan kesegaran jasmani
  6. Penyembuhan beberapa penyakit
MUSIK

Pemirsa, manfaat latihan senam dalam pendidikan jasmani antara lain:

  1. Pelenturan, penguatan,peregangan dan pelemasan otot-otot.
  2. Keseimbangan dan ketangkasan.
  3. pertumbuhan yang selaras.
  4. Pengoreksian sikap dan bentuk tubuh yang salah
  5. Kesehatan dan kesegaran jasmani
  6. Penyembuhan beberapa penyakit.
11 FADE IN – LS

CAPTION

Keseimbangan Berdiri

Gambar latihan keseimbangan berdiri

MUSIK

Latihan I

  • Berdiri tegak dengan satu kaki, kaki yang satu lagi diangkat kedepan hingga lurus, kedua tangan direntangkan kesamping;angkat tumit kaki tumpu serta jaga keseimbangan badan;pertahankan sikap ini selama mungkin. Lakukan latihan ini bergantian dengan kaki yang lai.

Latihan II

  • Rentangkan kedua tangan lurus kesamping, bungkukkan badan kedepan dan angkat satu kaki lurus kebelakang, jaga keseimbangan badan, pertahankan sikap ini selama mungkin.lakukan latihan ini dengan kaki yang lain.

Latihan III

  • Berdiri tegak. Kedua kaki sejajar kedua tangan lurus kedepan, angkat satu kaki kedepan lurus, lipat kaki tumpu hingga berjongkok, rentangkan kedua tangan kesamping lurus dan berdiri dengan satu kaki meluruskan lutut kaki lipat.
12 FADE IN – CU

CAPTION

Keseimbangan duduk

Gambar latihan keseimbangan duduk MUSIK

a. Latihan duduk membentuk huruf V.

  • o Duduk berlunjur dengan kedua tangan siap memegang kaki, angkat kedua tungkai kaki lurus kedepanatas sehingga badan membentuk huruf V. perhatikan sikap ini beberapa saat dan ulang beberapa kali

b.Latihan duduk sambil mengangkat kedua kaki

  • o Duduk berlunjur kedua tangan dilipat didepan badan dada,angkat kedua tungkai kakikedepan atas sehingga badan membentuk huruf V. pertahankan sikap ini beberapa saat dan ulang kembali beberapa kali.
13 FADE IN – LS

CAPTION

SENAM LANTAI

  1. Roollkip
  2. Guling kedepan
  3. Guling kebelakang
MUSIK

Pemirsa, senam lantai adalah satu dari rumpunan senam. Sesuai dengan istilah lantai maka gerakan-gerakan atau bentuk latihannya dilakukan di lantai. Jadi lantailah yang merupakan “alat” yang digunakan.

14 FADE IN – LS

CAPTION

Roll Kip

Gambar latihan gerakan roll kip MUSIK

Roll kip disebut juga istilah neck kip. Sebenarnya roll kip merupakan gerakan melenting badan keatas depan disebabkan oleh lemoran kedua kaki dan tolakan keduatangan yang dilakukan secara serentak sehingga pesenam dapat langsung atau berdiri. Pada saat melakukan setengah roll, kedua kaki rapat dan lurus agar dapat melakukan rool kip dengan baik.

15 FADE IN – LS Latihan Rool Kip

Sikap permulaan:

Tidur terlentang, kedua kaki lurus dan rapat,kedua tangan dengan siku bengkok berada disamping telinga, jari-jari tangan menghadap ke bahu.

Gerakannya:

Angkat kedua kaki kearah badan lurus sampai pinggul terangkat, kemudian lecutkan kedua kaki itu keatas belakang dengan sumbu gerakan dari pinggang dan pinggul, kedua tangan tekankan pada lantai hingga badan jongkok atau berdiri.

16 FADE IN – LS

CAPTION

Guling ke depan

Gambar latihan guling kedepan MUSIK

Guling kedepan adalah berguling kedepan atas bagian belakang badan ( tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Latihannya adalah:

  • anak berjongkok, dengan kedua tangan dan kaki rapat dengan kedua tangan (tapak) ditempatkan dilantai.
  • Angkat panggul keatas dengan bertumpu pada kedua tangan dilantai, kedua tangan tidak dibenarkan terlepas atau terangkat dari lantai dengan badan dapat condong.
  • Kedua siku tangan dibengkokkan, panggul tetap ditinggikan dengan kepala masuk diantara kedua tangan, meletakkan belakang kepala ( tengkuk ) dilantai atau dimatras.
  • Badan yang telah condong kedepan itu “dijatuhkan” kedepan,pada saat mengguling kedua tangan cepat memeluk kedua lutut yang diharapkan kedada dan demikian sikap kepala tunduk ( dengan dirapatkan kedada )
  • Anak mengguling kedepan dengan sikap akhir memegang kedua lutut.
17 FADE IN – LS

CAPTION

Guling Kebelakang

Gambar latihan gerakan guling kebelakang MUSIK

Bila anak sudah melakukan guling kedepan, maka ia akan mudah melakukan guling kebelakang. Latihan guling kebelakang adalah:

  • Sikap berjongkok, kedua tangan diisi telinga menjatuhkan badan kebelakang menolak dengan kedua tangan saat kaki melampaui kepala.
  • Pada saat menjatuhkan kebelakang kepala tidak mendahului. Dengan tetap dekat dada.
  • Dilakukan diatas matras.
19

20

RANGKUMAN

1. SENAM DIBAGI DUA YAITU SENAM PRESTASI DAN SENAM NONPRESTASI.

2. SENAM PRESTASI MERUPAKAN SERANGKAIAN GERAK ARTISTIC DAN RITMIK.

3. SENAM NONPRESTASI BERTUJUAN UNTUK MENJAGA KESEHATAN DAN KESEGARAN JASMANI.

4. SENAM SANGAT BERMANFAAT BAGI TUBUH TERUTAMA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN

FADE IN – LS ZOOM

IN- CU

Pertama, senam dapat dibagi dua yaitu senam prestasi dan senam nonprestasi.

Kedua, Senam prestasi memiliki serangkaian gerak artistic dan ritmik.

Ketiga, Senam nonprestasi atau senam umum bertujuan untuk membentuk kesehatan dan kesegaran jasmani. Keempat, Senam sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam membentuk kepribadian

MUSIK

Pemirsa, anda telah melihat informasi singkat tentang pembelajaran senam dasar dan senam lantai, sampai bertemu dilain kesempatan WASSALAM…………

21 Rolling Caption

KERABAT KERJA

Penulis naskah dan Sutradara

Arditya Zulfikar

Vidi Asmara

Reny Kurniawati Aman

Budi Rahman

Debrian ps

Pengisi Suara

Reny Kurniawati Aman

Konsultan

Dr. Wasis D. Dwiyogo,M.Pd

Kameramen

Vidi Asmara

Editor

Arditya Zulfikar

Pemeran

Budi Rahman

Debrian

Terima kasih kepada:

  1. i.      Allah SWT
  2. ii.      Ibu Bapak. Saudara dan orang-orang yang tercinta
  3. iii.      Semua pihak yang membantu terbuatnya VCD
  4. iv.      Siswa pjkr offAA, 2007

KETERANGAN:

CU ( CLOSE UP ) : Pengambilan gambar dari jarak dekat, biasanya sebagian              kecil saja yang masuk kekamera. Misalnya kaki saja, tangan    saja, kepala saja.

LS ( Long Shot ) : Pengambilan gambar dari jarak jauh, biasanya yang kena objek dan latar belakangnya

Fade In : Pngambilan gambar semakin lama semakin mendekat kearah subjek

Fade Out : Pegambilan gambar semakin lama semakin menjauhi objek

Musik : Menunjukkan bahwa dibaris tersebut diiringi musik

Zoom In : Penganbilan gambar semakin lama semakin mendekat

Zoom Out : Penganbilan gambar semakin lama semakin menjauh

Caption : Tulisan sebagai penjelas dalam tampilan adegan

Rolling Caption : Tulisan yang memutar keatas.

NASKAH VIDEO

SENAM DASAR DAN SENAM LANTAI

UNTUK SISWA KELAS 6 SD

Oleh:

Ichwan Dwitya R.

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN

Mei 2009

~ oleh ichwan15788 pada Januari 6, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: