hutan lawu

MADIUN, KOMPAS – Areal hutan yang terbakar di Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, meningkat tajam dibandingkan tahun lalu. Penyebab peningkatan itu antara lain kemarau panjang disertai angin kencang serta suhu udara yang panas.

Berdasarkan data KPH Lawu, luas hutan yang terbakar dari awal tahun 2009 hingga Oktober 2009 mencapai 2.136 hektar. Kerugian ditaksir Rp 453 juta. Total luas hutan di KPH Lawu 54.000 hektar. Tahun 2008, luas hutan yang terbakar hanya 96 hektar dan tahun 2007 ada 113 hektar.

Wakil Administratur KPH Lawu Mamun Mulyadi mengatakan, faktor cuaca yang ekstrem hanya faktor pendukung. Penyebab utamanya adalah faktor manusia.

”Mereka membuang puntung rokok sembarangan di kawasan hutan. Adapun penyebab kebakaran hutan di Gunung Lawu akhir September adalah balon udara yang diterbangkan di dekat hutan, kemudian jatuh di hutan dan membakar lereng Gunung Lawu,” kata Mamun, Selasa (10/11) di Madiun.

Padahal, merehabilitasi hutan yang terbakar butuh biaya besar dan waktu lama. Rehabilitasi hutan yang rusak perlu Rp 1,5 juta per hektar. Waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi hutan setelah bibit pohon ditanam sedikitnya lima tahun.

Dalam kurun waktu rehabilitasi, manusia dihadapkan pada ancaman longsor dan banjir akibat rusaknya hutan.

Ancaman longsor juga mengintai kawasan yang terbakar di lereng Gunung Welirang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,

Camat Pacet Ardi Sepdianto mengatakan telah mulai berkoordinasi dengan 20 kepala desa di kecamatan itu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana longsor.

”Dari 20 kepala desa, dikumpulkan data secara umum mengenai keadaan lingkungan,” kata Ardi. Data itu akan digunakan sebagai dasar untuk kegiatan antisipasi bencana longsor yang kemungkinan besar akan terjadi jika hujan deras turun.

MARI KITA JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DEMI MASA DEPAN ANAK CUCU KITA.,

~ oleh ichwan15788 pada Januari 5, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: